Kebugaran Fisik di Balik Konsistensi Juventus

Posted by SEMARANG HITAM PUTIH on 23.20

Turin - Belum terkalahkan dan kini duduk di puncak klasemen Seri A, Juventus tampil sangat impresif musim ini. Di balik sukses Bianconeri tersebut, kebugaran fisik pemain jadi kuncinya. Kemenangan atas Palermo dan dibarengin kekalahan AC Milan oleh Fiorentina membuat Juventus berhak kembali duduk di puncak klasemen Liga Italia. Anak didik Antonio Conte kini unggul satu poin atas Rossoneri.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Turin pekan lalu mengungkapkan kalau kebugaran fisik pemain Juventus punya peran besar dalam keberhasilan mereka menjaga rekor tak terkalahkan sejauh ini. 'Si Nyonya Tua' sangat jarang kehilangan pemain karena cedera, kondisi yang berkebalikan dengan Milan yang justru sangat banyak kehilangan pemain karena cedera. Jumlah pemain Juventus yang mengalami cedera diklaim mengalami penurunan sebanyak 60 persen dibanding musim 2010/2011, dan merosot hingga 80 persen dibanding musim 2009/2010. Secara statistik, pemain-pemain Juventus hanya kehilangan total 40 pertandingan sepanjang musim ini, jumlah terendah dibanding klub-klub lainnya. Sementara pemain-pemain Milan kehilangan total 218 pertandingan di musim ini. Castellacci, seorang ahli kebugaran timnas Italia, menyebut beberapa alasan kenapa pemain Juventus bisa jauh lebih bugar dibanding klub-klub lain. Salah satu alasannya adalah mereka tak bersaing di Liga Champions.

"Pemain Juventus, setelah melewati musim dingin, terus berlari dan berlari di babak pertama dan babak kedua, sampai menit terakhir," sahut Castellacci dalam tulisannya di La Gazzetta dello Sport dan dikutip Football Italia.

"Kita melihatnya saat menghadapi Inter dan Napoli padahal kini sudah bulan April, saat level tenaga para pemain mulai turun. Tapi semua kelelahan tersebut tidak terlihat dan merak bisa bermain selayaknya itu pertandingan yang menentukan hidup mereka."

"Ada apa dengan mereka, kenapa bukan tim lain yang merasakannya? Tak ada rahasia, itu sesuatu yang rasional, terlihat jelas dan merupakan kombinasi beberapa hal," lanjut Castellacci.

Ada enam hal yang disebut Castellacci menjadikan Juventus sangat bugar dan pada akirnya bisa tampil konsisten di musim ini. (1)Keberadaan Conte jadi faktor pertama, karena dia mampu memacu semangat pemain. Faktor-faktor lainnya adalah (2) tidak mainnya Juventus di Liga Champions, (3) jumlah cedera yang minim, (4) rotasi pemain yang tepat dan skuad yang bervariasi, (5) latihan atletik dan yang terakhir (6) adalah pusat pelatihan Juventus di Vinovo.